Bahanya!! penipuan dengan modus phising email




banyak sekali penipuan dengan modus phising email di internet yang sudah memakan korban dari berbagi kalangan, entah itu pembisnis atau masyarakat yang notabene tidak mengenyam pendidikan  dibanku sekolah atau perguruan tinggi, karena itu saya akan mengingat bahayanya penipuan dengan metode phising email, jika kita tidak hati-hati dan teliti waktu membaca email, sementara itu, email yang dibaca adalah phising email terus mengikuti perintah mengeklik sesuatu yang ada di phising email tersebut, itu berarti, kta secara sukarela memberi data-data penting kepada palaku phising email dan tentunya tidak maukan itu terjadi pada kalian semua. sebelumnya saya akan menjelaskan apa it phising email.


    Phising email andalah suatu cara yang dipakai oleh scammer untuk melakukan penipuan di internet dengan cara membuat halaman palsu atau website tiruan yang sama persis dengan website aslinya, untuk mengelabuhi si korban agar mengisi data-data pribadi mereka, seperti username dan password, Credit card beserta date of birth, expired card dll. itulah definisi dari phising email.

   bagaimana caranya agar terhindar dari penipuan dengan modus phising email?

saya akan memberi tahu cara membedakan Website tiruan atau phising website,berserta contoh phising email letternya atau surat yang dikirim ke email.

   1. Sender pengirim

       Sender pengirim ini sangatlah penting untuk kita tau, karena kebanyakan modus penipuan phising email menggunakan sender lain atau Provider yang bukan aslinya, caranya mengetahui sender itu asli atau tidak gimana gan?
buka dulu emailnya terus nama si pengirim dan email pengirimnya berikut contoh gambarnya :



  contoh phising email diatas sangat jelas, kalau itu bukan resmi dari pihak Western Union, kok bisa tau bukan resmi dilihat dari mananya? okay saya jelaskan caranya,  coba perhatikan sendernya pengirimnya di atas Western Union <noreply@westenunion.com> sender asli tidak begitu, nama webnya juga salah. untuk lebih jelas silahkan klik tanda titik tiga dikanan atas, pilih Show original, kalian akan di arahkan ke info details dari mana itu di kirim ke email kalian.


   2. URL address

      kenapa harus mengali URL address sebuah website atau nama website, karena phising email tidak ada yang menggunkan website resminya alias, tetapi hanya tampilannya aja yang sama namun url addressnya berbeda. seperti gambar berikut ini :


lihat baik-baik gambar di atas pada bagian url addressnya, dia menggunakan website orang lain untuk meng upload script tersebut, kenapa harus menggunkan website orang lain, karena sebuah script php atau html tidak akan bekerja jika tidak di upload ke web atu hosting. jika kalian tetap mengisi email address dan password pada form yang sudah terlihat di atas, maka kalian akan di minta mengisi form-form lain, seperti billing address,credit card dll, secara otomatis si penipu phising email akan menerima semua info yang kalian berikan, itu sangat berbahaya, karena bisa-bisa uang anda akan habis di dalam reking kalian.


    semoga ulasan tentang phising email atu website phising di atas memberi edukasi bagi kalian yang masih belum tau cara untuk membedakanya.


Note : bagikan article ini ke saudara-saudara atau ke teman-teman kalian, agar terhindar dari segala penipuan.



Salam Hangat






Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Bahanya!! penipuan dengan modus phising email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel