Iklan Hearder

7 Cara Screenshot di Windows 10



Beberapa dari Anda yang mengklik artikel ini mungkin berpikir: "Bukankah mudah untuk mengambil screenshot di Windows 10? Anda cukup menekan tombol print screen dan screenshot akan disimpan ke clipboard!" Dan Anda akan benar; Cukup menekan tombol print screen pada keyboard Anda adalah cara termudah untuk mengambil screenshot.

Tetapi Windows menyediakan beberapa cara lain untuk mengambil tangkapan layar, banyak di antaranya merupakan opsi yang lebih baik daripada sekadar menumbuk tombol layar cetak, tergantung pada kebutuhan Anda. Jadi di bawah ini kami telah membuat daftar tujuh metode alternatif screenshot yang mungkin berguna dalam kehidupan sehari-hari.

7 Cara Screenshot di Windows 10

1. Alt + Print Screen

Kombinasi keyboard sederhana ini adalah salah satu yang kami gunakan setiap hari. Dengan menekan Alt dan Print Screen secara bersamaan, alih-alih menangkap seluruh layar Anda, Windows 10 hanya akan menangkap jendela aktif. Bagi mereka yang memiliki layar besar atau beberapa monitor dengan banyak jendela terbuka, ini adalah cara sempurna untuk menangkap hanya hal terpenting di layar.

Seperti ketika Anda hanya menekan tombol Print Screen dengan sendirinya, Alt + Print Screen menyimpan gambar ke clipboard Anda. Untuk mengakses gambar, Anda perlu menempelkannya ke aplikasi seperti Paint.

2. Win + Print Screen

Ini adalah kombinasi keyboard lain yang sangat berguna yang harus Anda masukkan ke dalam alur kerja harian Anda. Menekan Win + Print Screen menangkap tangkapan layar dari seluruh layar dan menyimpannya langsung ke drive Anda. Foto-foto disimpan di perpustakaan Gambar, di folder Screenshot, sebagai file PNG.

Ini adalah alat terbaik untuk digunakan jika Anda ingin file gambar langsung dibuat dari tangkapan layar Anda. Ini lebih cepat dan lebih mudah daripada menekan Print Screen dan kemudian menempelkan gambar ke aplikasi pemrosesan gambar seperti Paint. Sayangnya, Anda tidak dapat menekan Alt + Win + Print Screen untuk menyimpan gambar dari jendela aktif.

3. Windows + H

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Universal Windows, pintasan keyboard Win + H mungkin berguna bagi Anda. Menekan tombol ini secara bersamaan akan mengambil tangkapan layar dari aplikasi aktif Anda dan menampilkan panel berbagi, memungkinkan Anda untuk dengan mudah memasukkan dan membagikan tangkapan layar ini di aplikasi lain.

Untuk pengguna desktop, ini tidak semudah dua pintasan di atas, tetapi ini adalah cara lain untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10.

4. Windows + Volume Down

Kumpulan pintasan terakhir di sini adalah satu untuk pengguna tablet. Caranya sederhana: tekan tombol Windows (atau logo sentuh kapasitif) bersama dengan tombol volume turun, dan itu akan mengambil tangkapan layar dari seluruh layar Anda dan menyimpannya ke folder Tangkapan Layar. Anggap saja sebagai versi tombol perangkat keras dari Win + Print Screen.

5. Snipping Tool

Snipping Tool adalah salah satu dari beberapa solusi perangkat lunak yang disediakan di Windows. Aplikasi ini memberi Anda kontrol yang lebih besar atas apa yang sebenarnya ditangkap dalam tangkapan layar Anda, dengan memungkinkan Anda menggambar persegi panjang atau bentuk bentuk bebas di sekitar apa pun di layar Anda. Ini juga memiliki fungsi penundaan sehingga Anda dapat menangkap momen yang tepat. Setelah Alat Pemotong menangkap area yang dipilih dari layar Anda, Anda dapat membuat anotasi dan menyorot apa pun yang Anda suka menggunakan alat bawaan. Kemudian mudah untuk menyimpan tangkapan layar sebagai gambar ke drive Anda.

Jika Anda sering mengambil screenshot, membuat hotkey (pintasan keyboard) untuk membuka Snipping Tool sangat berguna. Untuk melakukannya, buka Windows Explorer dan telusuri folder Windows / System32. Cari SnippingTool.exe, klik kanan padanya dan pilih Buat Pintasan.

Anda dapat menempatkan pintasan ini di suatu tempat tersembunyi, di folder Dokumen atau Unduhan Anda. Kemudian klik kanan pada shortcut ini dan pilih Properties. Di kolom Shortcut Key, Anda dapat mengatur pintasan Anda. Saya pribadi suka mengatur alat tangkapan layar saya ke "Tombol Win + Shift + S" tetapi Anda pasti bisa menggunakan sesuatu yang semudah F7.

Ada juga alat pihak ketiga yang memberikan lebih banyak fungsi, tetapi sebagian besar Alat Pemotong melakukan semua yang Anda inginkan. Dan itu sudah disertakan dengan Windows 10.

6. Windows Inking Tools

Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung input stylus melalui Windows Ink, ada beberapa cara tambahan untuk mengambil screenshot di Windows 10. Salah satu caranya adalah dengan membuka Ink Workspace, yang tersedia dengan mengetuk ikon pena di taskbar, lalu mengklik 'sketsa layar'. Dari sini, tangkapan layar penuh diambil dan dibuka di jendela yang memungkinkan anotasi.

Cara lain untuk mendapatkan hasil yang sama adalah dengan mengetuk dua kali tombol penghapus pada stylus Anda, asalkan stylus Anda mendukung fitur ini. Surface Pen yang disertakan dengan beberapa produk Microsoft Surface adalah salah satu stylus yang memiliki fungsi ini.

7. DVR Game (dalam Game)

Ada utilitas screenshot tambahan yang disediakan sebagai bagian dari Game Bar dan DVR Game Windows 10. Saat Game DVR diaktifkan dan diaktifkan, Anda akan dapat mengambil screenshot dalam game dengan menekan Win + Alt + Print Screen (atau pintasan pilihan Anda). Anda akan mendapatkan notifikasi di layar untuk memberi tahu Anda bahwa ini berhasil, dan gambar disimpan di folder Captures di pustaka Video Anda.

Untuk mengaktifkan fitur screenshot Game DVR, buka aplikasi Xbox, buka tab Game DVR dari menu setelan, dan centang kotak yang bertuliskan "rekam klip dan screenshot game menggunakan Game DVR". Fitur tangkapan layar ini hanya akan berfungsi di game, dan aplikasi Xbox melakukan pekerjaan yang wajar untuk mendeteksi apa yang merupakan dan bukan game. Jika game tidak terdeteksi, buka Game Bar menggunakan Win + G lalu centang kotak " yes, this is a game”


Salam Hangat


Dianaaja.com

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Screenshot di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel