Iklan Hearder

Cara Tetap Aman Menggunakan Instagram


Instagram menyediakan cara yang mulus untuk berbagi cuplikan sorotan kehidupan yang difilter, tetapi seperti apa pun di internet, Instagram telah menarik bagiannya dari aktor jahat. Pelecehan online, peretas, dan penipu merajalela, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda takut dari jejaring sosial milik Facebook.

Aplikasi sosial telah memperkenalkan sejumlah fitur yang dimaksudkan untuk mengamankan akun Anda. Ada pengaturan yang dapat Anda kelola untuk mengontrol privasi akun Anda dan memastikan tidak ada yang membobol akun Anda. Berikut cara membuat akun Instagram Anda lebih aman.

Di bawah ini merupakan cara mengamankan akun Instagram Anda, diantaranya:

1. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Jika Anda khawatir seseorang meretas akun Anda dan memposting di Instagram tanpa izin Anda, menyiapkan Two-Factor Authentication (2FA) adalah suatu keharusan. Dengan meminta bentuk otentikasi kedua setelah Anda memasukkan kata sandi, peretas tidak dapat mengakses akun Anda tanpa akses fisik ke perangkat Anda yang terhubung, meskipun mereka memiliki kata sandi Anda.

Untuk mengaturnya, navigasikan ke profil Anda dan ketuk ikon hamburger atau garis tiga. Pilih menu Pengaturan (atas pop-up di iOS, kanan bawah di Android) dan ketuk  Security > Two-Factor Authentication > Get Started. Anda kemudian dapat memilih untuk mengatur 2FA melalui pesan teks atau aplikasi otentikasi independen, seperti Google Authenticator.

Jika ponsel Anda mengalami masalah konektivitas dan tidak dapat menerima kode keamanan SMS, di situlah kode pemulihan masuk. Buka Settings > Security > Two-Factor Authentication > Recovery Codes, dan gunakan kode yang ditampilkan untuk masuk.

2. Jangan Phishing

Untuk membantu pengguna membedakan antara email palsu dan korespondensi resmi Instagram, Instagram meluncurkan tab "Email dari Instagram", yang "akan memungkinkan siapa saja untuk memeriksa apakah email yang mengaku dari Instagram itu asli," kata perusahaan itu.

Fitur tersebut dapat ditemukan melalui Settings> Security> Emails From Instagram. Tab "Security" akan menampilkan daftar email yang dikirim Instagram kepada Anda dalam 14 hari terakhir mengenai keamanan akun Anda dan lokasi Anda masuk. Tab kedua, yang disebut "others", akan menampilkan email yang tersisa.

3. Periksa Aktivitas Masuk

Anda dapat mengawasi peretas dengan membuka Settings > Login Activity di desktop. Halaman ini akan menampilkan daftar lokasi tempat Anda masuk dengan akun Anda. Anda dapat memverifikasi lokasi Anda saat ini dan melihat aktivitas sebelumnya. Jika ada lokasi yang tidak Anda kenali, sebaiknya keluar dari perangkat tersebut dan ubah kata sandi Anda.

3. Jadikan Akun Anda Pribadi

Saat Anda memposting ke Instagram, siapa pun di platform dapat melihat foto dan video Anda secara default. Jika Anda hanya ingin berinteraksi dengan orang yang benar-benar Anda kenal, setel akun Anda ke pribadi melalui Settings > Privacy > Account Privacy dan aktifkan Akun Pribadi.

Jika akun Anda pribadi, Anda harus menyetujui pengikut baru sebelum mereka dapat melihat foto atau video Anda. Hanya pengikut yang disetujui yang dapat menemukan posting Anda melalui pencarian, melihat posting mana yang Anda sukai, dan mengirimi Anda pesan langsung. Dengan akun pribadi, Google juga tidak akan mengindeks foto Anda ke Google Image.

4. Nonaktifkan Status Aktivitas

Instagram memiliki fitur yang memungkinkan orang untuk melihat kapan Anda aktif menggunakan aplikasi; cari saja titik hijau kecil di sebelah foto teman di pesan langsung Anda. Itu ada untuk memberi tahu orang-orang saat Anda online untuk menjawab DM, tetapi ini bisa sedikit mengganggu ketika Anda hanya ingin dibiarkan sendiri. Matikan melalui Settings > Privacy > Activity Status dan matikan opsi.

5. Periksa Akun

Ingin tahu apakah akun tersebut sah? Instagram sekarang memberi Anda alat untuk membantu mengidentifikasi akun nyata dan penipu. Cukup navigasikan ke profil mereka, ketuk menu tiga titik, dan pilih Tentang Akun ini.

Instagram akan menunjukkan kepada Anda ketika pengguna bergabung dengan platform, di negara mana akun itu berada, iklan apa pun yang mereka jalankan, riwayat perubahan nama pengguna, dan akun dengan pengikut bersama. Jika ada yang tidak beres, Anda dapat memblokir dan / atau melaporkan akun tersebut.

Itu dia beberapa cara membuat akun Instagram Anda tetap aman. Pastikan akun Anda tetap aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.


Salam Hangan


Dianaaja

Belum ada Komentar untuk "Cara Tetap Aman Menggunakan Instagram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel