Iklan Hearder

Cara mengenali web phising dan contoh web phisingnya

web phising adalah website atau situs tiruan yang dibuat oleh para palaku scammers untuk mencuri E-mail dan password, bukan hanya itu, mereka juga bisa menambahkan informasi yang ingin dicurinya, seperti Credit Card/kartu kridit (CC) Internet Bank login dll .

mari kita ulas seperti apasih web phising itu, saya akan memberi contohnya agar sobat sekalian tidak tertipu oleh para scammers serta terlindungi segala informasi pentingya.

1. Address Bar / url


     apa itu Address bar, yaitu kolom text dibrowser yang menampilkan alamat dari sebuah website / URL situs yang sedang kita kunjungi, terus apa pentingnya? sangat penting sekali, karena dari melihat Address bar kita bisa mengetahui alamat website yang dikunjungi asli atau web phising alias tirus.

2. Kenali URL Website

    penting sekali mengenali alamat sebuah website yang dikunjungi apalagi website-website yang menyimpan data-data seperti alamat login dari E-mail atau Internet Banking, PayPal serta web shopping. jika sudah mengenali URL website dari data-data atau login E-mail sendiri, pasti tidak akan tertipu oleh pelaku phising.


Dua cara di atas sangat ampuh untuk mengenali itu web phising atau bukan, berikut saya sertakan contoh Address bar URL web phising



Lihat Address bar browser Chrome pada gambar di atas, itu adalah contoh URL web phising, tapi itu dijalankan melalui localhost, akan berbahaya jika script web phising Office365 ini di upload ke web hosting dan digunakan untuk menipu orang. sedangkan alamat aslinya adalah https://login.microsoftonline.com , untuk itu mari budaykan melihat URL address bar terlebih dahulu jika ingin login ke aku Facebook , Instagram , Twitter atu Internet Banking anda.


Semoga penjelesan saya tentang Web phising dan cara mengenalinya bisa bermanfaat buat kalian, agar tidak tertipu oleh para pelaku Scammers. Ingat Lindungi data-data serta informasi kalian dengan baik.



Salam Hangat


Dianaaja.com




Belum ada Komentar untuk "Cara mengenali web phising dan contoh web phisingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel